kursus Pemrograman Delphi

Bertempat di Ruang Rapat Disinfolahta, Rabu (2/10/2013), Kadisinfolahta Koarmatim Kolonel Laut (E) Daru Prajogo resmi menutup kursus Pemrograman Delphi yang diikuti oleh seluruh prajurit Dinas Informasi dan Pengolahan Data Koarmatim (Disinfolahta Koarmatim). Kursus ini berlangsung selama 4,5 bulan dengan instruktur DR. Achmad Arifin M.Engjering yang sehari – harinya menjadi Dosen Kepala Laboratorium Biomedika ITS.Demikian rilis yang diterima redaksi Tribunnews.com.

Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program, misalnya ketika merancang suatu label di form, secara otomatis delphi akan menuliskan label tersebut dalam jendela code editor tentang turunan dari label tersebut. Salah satu pengetahuan tentang program delphi ini, telah didapat para prajurit yang dinas di Disinfolahta Koarmatim setelah mengikuti kursus Pemrograman Delphi di Disinfolahta Koarmatim.

Dengan bertambahnya ilmu pemrograman tersebut diharapkan para peserta kursus dapat mempergunakan program Delphi yang diajarkan menjadi salah satu sarana pendukung untuk melaksanakan tugas pengolahan data lebih maksimal. Program ini sudah dipakai diberbagai negara maju antara lain di Eropa dan Amerika Serikat, hal ini disebabkan program Delphi memiliki beberapa keunggulan.

Keunggulan Delphi IDE (Integrated Development Environment) yaitu didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu projek maupun program. Proses kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah. Mudah digunakan, source code delphi yang merupakan turunan dari bahasa pemrograman Pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

Pada kesempatan itu, Kadisinfolahta Koarmatim menyerahkan Piagam Penghargaan dan cindera mata dari Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M. Hum kepada DR. Achmad Arifin M.Engineering sebagai tanda ucapan terima kasih atas bimbingan dan berbagi ilmunya kepada prajurit Koarmatim. Para peserta kursus juga menerima sertifikat sebagai tanda kelulusan dan telah memiliki keahlian dalam ilmu pemrograman Delphi.

0 Response to "kursus Pemrograman Delphi"

Posting Komentar