Jumlah korban tewas

Jumlah korban tewas akibat serangkaian serangan bom pada Malam Natal dan kerusuhan yang terjadi setelah itu di Nigeria tengah meningkat menjadi 80 orang. Dengan demikian, total korban tewas secara nasional menjadi 86 orang, kata Badan Manajemen Darurat Nasional Nigeria, Selasa (28/12/2010).

"Kami telah mengunjungi sekitar lima rumah sakit di mana korban ledakan dan kekerasan yang mengikutinya di Jos dibawa," kata Daniel Balarabe Gambo, Wakil Direktur Komunikasi Badan Manajemen Darurat Nasional. "Data yang kami kumpulkan di rumah sakit-rumah sakit itu menunjukkan, total 80 orang meninggal dari insiden itu dan 189 orang lainnya luka-luka."

Polisi membantah jumlah itu dengan mengatakan, jumlahnya jauh lebih rendah, tetapi badan darurat itu bersikeras bahwa jumlah tersebut akurat.

Serangkaian bom meledak pada Malam Natal 2010 di pusat kota Jos, yang telah berulang kali dilanda kekerasan antarkomunitas Kristen dan Muslim yang menurut banyak pihak dipicu oleh persoalan politik. Bentrokan pecah Minggu menyusul ledakan bom pada Malam Natal itu, dan menyebabkan sejumlah orang tewas dan rumah-rumah terbakar.

Masih pada malam Natal, orang-orang yang diduga anggota sebuah sekte Islam melancarkan serangan terhadap tiga gereja di kota Maiduguri, Nigeria utara, dan menewaskan enam orang serta menyebabkan salah satu gereja terbakar. Tidak ada indikasi bahwa insiden di Nigeria tengah dan utara itu terkait. Jos, ibu kota negara bagian Plateau, yang terletak di tengah, di antara wilayah mayoritas Muslim di utara dan mayoritas Kristen di selatan, telah lama menjadi titik rawan gesekan etnis dan agama di Nigeria.

Banyak kerusuhan di Jos yang sesungguhnya merupakan pertarungan kepentingan ekonomi-politik antara komunitas Beroms-Kristen, yang dipandang sebagai kelompok etnis pribumi di wilayah tersebut, dan komunitas Hausa-Fulani-Muslim yang dilihat sebagai pendatang.

Polisi menyalahkan ledakan bom itu pada persoalan politik menjelang pemilu pada April mendatang di negara Afrika yang berpenduduk paling padat tersebut. Namun, mereka mengatakan belum tahu siapa yang berada di balik serangan tersebut.

Sepanjang tahun ini, kerusuhan sebelumnya di Jos dan kawasan sekitarnya telah menewaskan ratusan orang. Namun, serangan pada Malam Natal belum pernah terjadi sebelumnya.

0 Response to "Jumlah korban tewas"

Posting Komentar